Dear teman-teman Pascasarjana di program studi S-2 Matematika Terapan. Pada laman ini, saya ingin sharing terkait pengalaman pribadi saya selama studi di S-2 Matematika Terapan dan mengurus tugas akhir secara online.
Mungkin akan ada beberapa perubahan sejak pengalaman saya (Jan 2021 s.d. Jan 2022), silahkan tinggalkan komen untuk membagi pengalaman anda.
Tentu saja tulisan ini hanya memberikan gambaran, hubungi tata usaha matematika terapan untuk informasi lebih lanjut, barangkali terdapat perubahan proses.
Silahkan pilih tahapan:
SK Pembimbing
Kolokium
Syarat:
1. Mendapatkan persetujuan dari komisi pembimbing untuk melaksanakan kolokium.
2. Telah mengurus SK Pembimbing dan diijinkan untuk kolokium.
3. Draf kolokium dan PPT Kolokium
Langkah-langkah:
1. Bikin draf kolokium (pakai template dari SIMAK atau minta sama kating/senior yang sudah pernah kolokium) sama PPT.
2. Tentukan jadwal kolokium bersama dosen pembimbing 1 dan 2. Kalau bisa jangan dadakan/mepet-mepet.
3. Beri tau pihak TU kalau mau daftar kolokium. Nanti bakal disuruh tanya ke pak Bib buat nentuin moderator dan pembahas.
4. Tanya pak Bib buat nentuin moderator dan pembahas. Hubungi moderator dan pembahas tersebut buat nanyain ketersediaan waktunya.
5. Udah deh, isi formulir pendaftaran kolokium di ipb.link/kolokium-mat (File yang diunggah: bukti chat persetujuan kolokium dari pembimbing 1, chat sama pak Bib, dan draf kolokium)
6. Ingetin pihak TU, kalo udah ngisi formulir. Nanti bakal dibikinin undangan kolokium beserta link zoom nya.
Selamat Kolokium
Sidang komisi 1
Syarat:
1. Sudah Kolokium
2. Persetujuan Komisi Pembimbing
3. Lunas UKT
4. Formulir pengajuan sidang komisi
Berkas:
1. Transkrip UKT: studentportal.ipb.ac.id
2. Formulir pengajuan sidang komisi:
3. Formulir hasil sidang komisi:
Alternatif link:
Langkah-langkah:
1. Isi form pengajuan sidang komisi dengan tanggal sidkom yang sudah disepakati.
2. Isi link pendaftaran online di
File yang diunggah: form pendaftaran sidkom yang sudah di ttd oleh pembimbing dan pak Jahar, dan bukti pembayaran SPP semester berjalan (bisa di print dari student portal)
3. Kalau bisa daftar sidkom h-7 hari kerja ya. Setelah isi formulir online, pemrosesan surat bisa dipantau di web tsb dan kalau surat sudah keluar, surat undangan sidkom akan dikirim via email.
4. Selamat sidkom, setelah sidkom jangan lupa ingatkan dosen buat ngisi form hasil sidkom. Mungkin jika dosen lupa bisa diingatkan. Jangan lupa mengirimkan form hasil sidkom ke pihak TU dengan tanda tangan penuh. TTD wadek bisa langsung dari disign.
Biasanya hasil sidkom 1 adalah koreksi dari draf kolokium yang selanjutkan akan menjadi proposal penelitian. Setelah selesai sidkom, bisa dikirim ke departemen buat dinilai.
Proposal
Syarat:
1. Sudah kolokium
2. Sudah sidkom 1
Langkah-langkah:
1. Setelah dapat persetujuan dari dosbing 1 & 2 terkait proposal penelitiannya. Proposal penelitian bisa dikirim ke (beri tau pihak TU kalau sudah mengirim proposal ke link tsb).
Ingat untuk menambahkan halaman cover dan lembar pengesahan. Format lembar pengesahan sudah pernah dikirim pak Jahar di grup Matematika Terapan.
2. Proposal dikirim ke departemen tanpa perlu menanda tangani lembar pengesahan. Nanti lembar pengesahan di TTD setelah dinilai oleh departemen.
3. Setelah proposal dinilai, minta tanda tangan kepada semua pihak di lembar pengesahan kemudian kirim ke SPs.
Sidang Komisi 2
Syarat:
- Sudah disetujui komisi pembimbing untuk sidang komisi 2.
Langkah-langkah:
- Lihat kembali sidang komisi 1, proses pengajuan dan pelaporan hasil sidkom 2 sama dengan pada sidkom 1.
Apa yang dibahas?
Persiapan untuk seminar hasil.
Seminar Hasil
Syarat:
1. Telah mengikuti menghadiri seminar hasil sebanyak 13+4+4+4+4 seminar hasil dan 1 kuliah umum seminar.
2. SKS telah tercapai dan semua mata kuliah telah lengkap nilainya.
3. Lolos syarat administrasi: SPP, IPK, KRS
4. Makalah Seminar.
5. PPT Seminar.
6. Form Pendaftaran Seminar.
Berkas:
1. Kartu kuning, sebagai catatan kehadiran seminar hasil: bisa minta kating.
2. Template makalah seminar,
3. Form pendaftaran seminar,
TIPS!!!: Hadiri seminar ketika waktu kalian kosong, sehingga ketika sudah disetujui untuk seminar, kalian tidak pusing untuk melengkapi syarat ke-1.
Link jadwal seminar hasil terdekat:
Link konfirmasi pendaftaran kehadiran seminar:
Langkah-langkah:
1. Setelah semua syarat terpenuhi dan form telah ditanda-tangani, kita bisa daftar melalui https://pelayananpasca.ipb.ac.id/beranda/ kemudian masuk ke menu SIAKA.
2. Masukkan username dan password akun IPB kalian.
3. Masuk ke aplikasi seminar pascasarjana, kemudian pilih pendaftaran seminar
4. Jika syarat administrasi telah terpenuhi maka halaman 1 bisa diteruskan menuju halaman 2, jika ada administrasi yang sekiranya salah, bisa menghubungi pihak TU atau pihak SPs.
5. Pada halaman kedua, kita akan diminta untuk mengupload semua berkas yang telah disebutkan di atas, serta mengisi informasi terkait makalah seminar yang telah disetujui, seperti judul, abstrak, pendahuluan, dan seterusnya.
6. Setelah selesai, lanjut ke halaman 3, di sini kita akan mengisikan informasi biodata kita (tinggal diisi aja) dan memilih jadwal seminar yang tersedia.
7. Periksa kembali informasi yang telah dimasukkan, dan dengan membaca bismilah, silahkan approve pendaftaran.
8. Tunggu beberapa hari, kemudian cek apakah pendaftaran telah disetujui atau tidak, undangan seminar akan dikirim lewat sistem.
!!NOTE: kalau bisa lakukan pendaftaran seminar setidaknya 2 minggu sebelum hari H, karena bisanya akan rebutan dengan mahasiswa lainnya.
After Seminar:
Lakukan perbaikan yang diminta oleh dosen moderator seminar, dan kirim ke SPs. Selama proses seminar nanti akan ada seorang host yang menghubungi.
Terbaru: Kata pihak TU, seminar akan dikelola oleh departemen. Jadi, coba hubungi aja pihak TU untuk memastikannya.
Selamat seminar.
Sidang Komisi 3
Syarat:
- Sudah disetujui komisi pembimbing untuk sidang komisi 3.
Langkah-langkah:
- Lihat kembali sidang komisi 1, proses pengajuan dan pelaporan hasil sidkom 3 sama dengan pada sidkom 1.
Apa yang dibahas?
Persiapan untuk sidang atau ujian tesis.
Penilaian Publikasi
Langkah-langkah:
1. Hubungi pak jahar untuk dibuatkan form penilaian. Nanti akan diminta untuk menuliskan beberapa informasi seperti:
Nama:
NIM:
Judul Artikel:
Nama Jurnal:
Kode & Nama Mata Kuliah Publikasi:
dan mengirimkan bukti status penerimaan artikel atau bukti lainnya.
2. Setelah sudah menerima formulir penilaian publikasi dari pak jahar, kirim file tersebut ke pihak TU, yang kemudian akan dikirim ke SPs olehnya. Selesai.
Sidang atau Ujian Tesis
Syarat:
1. Sudah Sidkom 3
2. Syarat administrasi, mis: UKT, SKL, Nilai mata kuliah, Nilai Seminar, Nilai publikasi
3. Naskah jurnal dan status naskah terbaru, telah dinilai oleh kaprodi.
4. Draf tesis, yang sudah dinilai layak oleh penguji yang ditunjuk oleh kaprodi.
5. Form pengajuan sidang.
Berkas:
1. Formulir pengajuan sidang,
Langkah-langkah:
1. Setelah naskah tesis disetujui oleh komisi pembimbing untuk ujian tesis, serahkan naskah kepada kaprodi untuk dinilai oleh penguji luar komisi (ditentukan oleh kaprodi). Waktu yang diberikan kepada penguji luar komisi untuk membaca dan menilai naskah adalah selama 5 hari kerja. (dilarang untuk menghubungi penguji selama proses penilaian berlangsung)
2. Setelah naskah dinyatakan layak oleh penguji, diskusikan waktu pelaksanaan sidang dengan komisi pembimbing dan penguji, yang kemudian diinfokan kepada kaprodi.
3. Setelah dapat tanggal sidang, isi formulir pendaftaran sidang dan minta TTD kepada semua pihak yang tercantum pada form tersebut. Jangan lupa buat melampirkan SS persetujuan untuk sidang.
4. Lakukan pendaftaran melalui aplikasi SIAKA. Nanti akan disuruh masukin artikel jurnal ilmiah (boleh lebih dari 1, tapi yang dinilai cuma 1). Selanjutnya, pilih tanggal sidang, unggah draf tesis, dan form persetujuan. Konfirmasi.
5. Setelah melakukan pendaftaran, hubungi pihak TU selaku yang akan menjadi host pada proses sidang berlangsung.
6. Setelah undangan diterima (oleh sistem), jangan lupa untuk mengirim undangan tsb ke komisi pembimbing, penguji luar komisi dan kaprodi.
Selamat sidang. Semoga lancar dan lulus.
SKL
Syarat:
1. Lulus sidang
2. Semua nilai dah lengkap termasuk nilai Tesis
3. Mengisi form kepuasan di student portal
4. Lolos administrasi: UKT, SKL, dll
5. Bukti penyerahan hardcopy
6. Upload tesis ke repository
7. Kartu bebas pustaka
8. Foto pake jas item baju putih pake dasi (cowok).
9. KTP, Ijazah sebelumnya, lembar pengesahan, abstrak/ringkasan,
Berkas:
1. Form bukti penyerahan hardcopy:
NOTE: Sebelum mengajukan SKL, jangan lupa untuk mengisi kegiatan pendamping selain kuliah yang nantinya akan jadi SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah). Isi di .
Langkah-langkah:
1. Perbaiki semua revisi yang diberikan oleh penguji luar ketika sidang berlangsung.
2. Setelah selesai revisi dan diterima (ACC) oleh komisi pembimbing, mintakan ttd pada lembar pengesahan termasuk kepada Dekan Pascasarjana.
3. Kirimkan tesis yang sudah ditanda-tangani lengkap ke email pasca dan sekpro S2, untuk dinilai. (Nilai tesis akan keluar sekitar 4 hari s.d. 1 minggu). Jika dirasa lama lebih dari 1 minggu, boleh untuk mengingatkan kembali.
4. Selagi nunggu tesis dinilai, print tesis sebanyak 4 eksemplar: 2 untuk komisi pembimbing, 1 untuk departemen, 1 untuk IPB. Bisa dicetak di Centium Bateng (bukan promosi, tapi yang dinilai dapat dipercaya)
5. Selagi nunggu tesis dicetak, sisipkan watermark pada PDF tesis, kemudian lakukan unggah mandiri ke dengan cara dan aturan seperti pada drive berikut.
6. Setelah melakukan proses unggah mandiri, jangan lupa untuk mengisi formulir berikut: untuk mengonfirmasi penyerahan hardcopy dan mengajukan pembuatan kartu bebas pustaka (nantinya dikirim lewat email).
7. Setelah proses unggah mandiri dan konfirmasi penyerahan selesai, serahkan 4 eksemplar tesis kepada 2 komisi pembimbing, 1 departemen dan 1 perpustakaan IPB (LSI). Jangan lupa untuk minta TTD.
8. Setelah selesai penyerahan dan nilai MK Tesis keluar, masuk ke , pilih menu pengajuan SKL, isi formulir kepuasan wisudawan, kemudian ikuti langkah-langkah selanjutnya sesuai dengan panduan .
9. Setujui, dan tunggu hingga SKL keluar.
Selamat anda sudah M.Mat.
Daftar Wisuda: lewat , ikuti langkah-langkahnya, tidak perlu form, nanti dibuatkan invoice tentang biaya wisuda, bayar dan pendaftaran wisuda selesai.
1 Komentar
sangat membantu🥺
BalasHapus